Minggu, 29 Oktober 2017

20 tempat wisata di kota surabaya

20 Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Hits

shutterstcok
Travel Blog Reservasi – Tidak sulit untuk menggambarkan betapa istimewanya kota Surabaya. Bagaimana tidak? Berbagai kenangan dan sejarah luar biasa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan, menjadikan kota ini tidak ada duanya.
Bisa kita bilang, Surabaya adalah kota besar yang berdiri gagah, namun masih menyimpan sendu di tengah hiruk pikuknya. Ya, kesenduan setelah menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.
Tapi, itu tidak boleh jadi penghalang karena selalu ada alasan untuk mengunjungi kota metropolitan terbesar setelah Jakarta ini. Tidak heran juga kalau ada banyak tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi seluruh anggota keluarga.
“Sayang kon tok saklawase”.
Artinya, ‘sayang kamu saja selamanya’. Satu kalimat yang pas buat Surabaya. Sebenarnya, ada apa saja sih di sana sampai rasanya kita bisa jatuh cinta pada pandangan kunjungan pertama?
Yuk, kita simak ulasan lengkap 50 tempat wisata di Surabaya yang wajib kita kunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

1. Tugu Pahlawan

tempat wisata di surabaya
shutterstock
Kurang afdol rasanya kalau jalan ke Surabaya tanpa berkunjung ke Tugu Pahlawan. Bisa dibilang, di sini adalah salah satu ikon kota yang terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini.
Tugu ini didirikan untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 arek-arek Suroboyo melawan pasukan Sekutu. Di tugu ini kamu bisa menjelajahi museum yang juga berisi foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.
Selain piknik tentunya, kamu juga bisa sekadar berkeliling di lahan sekitar tugu ini dan menikmati semilir angin di antara hamparan rumput hijau.
  • Jam operasional:
    07.00-15.00 WIB (Selasa-Jumat), 07.00-12.00 WIB (Sabtu-Minggu)
  • Alamat:
    Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan
  • Cara ke sini:
    Dari terminal JMP naik angkot Q warna merah trayek Bratang-JMP, turun di depan Tugu Pahlawan.

2. Taman Bungkul

tempat wisata di surabaya
kelilingkota.com
Asal usul nama Taman Bungkul tidak terlepas dari seorang tokoh penyebaran agama Islam di Surabaya yang bernama Ki Ageng Supo atau yang lebih akrab disebut dengan gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Di belakang taman ini pun terdapat makan beliau.
Saat berwisata ke taman yang keren ini, kamu bisa bermain bebas berbagai di berbagai arena permainan yang disediakan seperti trek skateboard, BMX, jogging, plaza atau panggung untuk live performance hingga zona Wifi gratis.
  • Jam operasional:
    24 jam
  • Alamat:
    Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus P1 atau P AC 1 jurusan Bungurasih-Darmo-Perak turun di seberang Taman Bungkul.

3. Ciputra Waterpark

tempat wisata di surabaya
shutterstock
Seperti halnya Jakarta, kota Surabaya yang juga merupakan kota metropolitan di Indonesia, mulai bergeliat dalam pengembangan tempat wisata keluarga.
Nah, taman bermain air di yang terletak di kawasan Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep ini bisa jadi pilihan yang pas saat akan berekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Pilihan wahana airnya pun sangat beragam. Dijamin tidak akan bosan.
  • Tiket masuk:
    Rp.110.000 (Selasa-Jumat), Rp.130.000 (Sabtu-Minggu)
  • Jam operasional:
    13.00-19.00 (Selasa-Jumat), 10.00-19.00 (Sabtu-Minggu)
  • Cara ke sini:
    Naik angkot dari seberang jalan Hotel Tunjungan jurusan PTC. Turun di PTC lalu naik taksi ke Ciputra Waterpark.

4. Klenteng Sanggar Agung

tempat wisata di surabaya
shutterstock
Saat liburan Imlek memang paling pas kalau berkunjung ke Klenteng Sanggar Agung. Konon, klenteng ini adalah tempat di mana Dewi Kwam Im menampakkan dirinya.
Klenteng ini sangat indah karena memang lokasinya yang terletak di pinggir pantai. Memang, biasanya klenteng terletak di tengah kota atau di dekat pemukiman warga.
Namun, klenteng yang berlokasi di Jalan Sukolilo 100, kompleks Pantai Ria Kenjeran ini memang sengaja dibangun di dekat pantai dan menyajikan pemandangan indah panorama hutan bakau yang bisa jadi spot foto yang oke.
  • Tiket masuk:
    Rp.10.000/ mobil, per 2 orang
  • Jam operasional:
    09.00-17.00
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus Damri menuju terminal Joyoboyo. Dari terminal Joyoboyo naik angkutan umum Lyn R tujuan Kenjeran, turun di Klenteng Sanggar Agung.

5. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Gereja Kepanjen)

tempat wisata di surabaya
rooang.com
Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau Gereja Kepanjen adalah gereja Katolik tertua di Surabaya. Yang membuat gereja ini menarik adalah arsitekturnya yang khas bergaya Eropa dan indah.
Berlokasi di Jalan Kepanjen, rumah ibadah ini letaknya berdampingan dengan bangunan SMA Katolik Frateran Surabaya. Gereja ini dibangun setelah kedatangan pastor berkebangsaan Belanda yang bernama Hendricus Waanders.
  • Jam operasional:
    Jam ibadah
  • Alamat:
    Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Selatan
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Purabaya Bungurasih atau terminal Joyoboyo naik angkutan yang menuju Tanjung Perak, lalu turun di Jalan Kepanjen.

6. Gunung Bromo

tempat wisata di surabaya
shutterstock
Hampir semua orang tau Gunung Bromo. Tapi, apakah sudah banyak yang tau kalau Gunung Bromo tidak cuma bagian dari kota Malang?
Ya, Gunung Bromo juga merupakan bagian dari kota Surabaya. Kalau kamu menyempatkan berkunjung ke Gunung Bromo saat melakukan wisata Surabaya, kamu wajib untuk mengunjungi padang savananya. Ya, di sini kamu bisa melihat keindahan panorama yang tak ada duanya.
  • Jam operasional:
    24 jam
  • Alamat:
    Provinsi Jawa Timur
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus jurusan Jember atau Banyuwangi turun di Probolinggo. Dari situ gunakan angkutan menuju Kecamatan Ngadisari yang dekat dengan kawasan perbukitan Cemoro Lawang.

7. G Walk

tempat wisata di surabaya
citralandsurabaaya.com
Ada satu tempat wisata Surabaya khusus kuliner yaitu G-Walk. Ya, bisa dibilang tempat ini adalah tempat nongkrongnya arek-arek Suroboyo.
Lokasinya yang berada di kawasan elit, Citra Raya Surabaya, membuat G-Walk jadi tempat hits yang wajib dikunjungi saat wisata ke Surabaya.
Di sini kamu bisa menemukan mulai dari kuliner khas Surabaya sampai makanan populer yang kekinian sekalipun.
  • Jam operasional:
    10.00-23.00
  • Alamat:
    Jl. Niaga Gapura, Lontar, Sambikerep
  • Cara ke sini:
    Ambil jalan yang menuju Pakuwon City, terus saja sampai Universitas Surabaya (Unesa), tinggal berbelok ke arah Unesa itu sudah masuk perumahan menuju G-Walk.

8. Bonbin Surabaya

tempat wisata di surabaya
pergipiknik.com
Kebun binatang ini sudah ada sejak jaman pemerintahan Belanda di Indonesia, lho. Bahkan sudah beberapa kali ganti lokasi.
Tema yang diangkat oleh kebun binatang ini adalah pendidikan, penelitian, dan konservasi. Jadi, pengunjung bisa mendapat banyak wawasan sekalgus hiburan di kebun binatang yang memiliki sekitar 315 spesies di sini.
  • Tiket masuk:
    Rp.15.000 (hari biasa), Rp.20.000 (hari liburan)
  • Alamat:
    Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo
  • Cara ke sini:
    Dari terminal Purabaya Bungurasih naik bus Damri yang menuju ke terminal Joyoboyo, sampai di sana jalan kaki sedikit langsung menuju Kebun Binatang Surabaya.

9. Suroboyo Carnival Park

tempat wisata di surabaya
suroboyocarnivalpark.com
Pernah membayangkan pasar malam atau karnaval? Ya, seperti itulah Suroboyo Carnival Park di jalan Ahmad Yani ini.
Bisa di bilang tempat ini adalah theme park wisata malam terbesar di Surabaya. Ada banyak pilihan permainan dan wahana seru untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari wahana yang tenang dan menyenangkan, hingga wahana yang bisa memacu adrenalin.
Di sini juga banyak wahana yang disesuakan dengan usia pengunjung, bahkan ada juga wahana yang bisa dinaiki oleh anak-anak dan juga lansia. Benar-benar tempat rekreasi yang lengkap dan cocok untuk seluruh keluarga, ya?
  • Tiket masuk:
    Rp.60.000 (Senin-Jumat), Rp. 80.000 (Sabtu-Minggu).
  • Alamat:
    Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan.
  • Cara ke sini:
    Dari bundaran Jalan Waru ambil lajur kiri. Setelah itu akan ada Jalan Brigjen Katamso (Pabrik Paku), lalu belok kiri. Setelah rel kereta api belok ke kiri lagi di Jalan Kertomenanggal lalu tinggal mengikuti papan penunjuk Suroboyo Carnival Park.

10. House of Sampoerna

tempat wisata di surabaya
shutterstock
Sampoerna adalah sebuah perusahaan rokok legendaris dan tertua di Indonesia sejak masa kolonial Belanda. Untuk bisa mengetahui lebih banyak informasi tentang cikal bakal berjayanya perusahaan ini serta bagaimana perkembangan rokok di Indonesia secara lengkap, dibuatlah Museum House of Sampoerna ini.
Hal paling menarik di museum ini adalah pengunjung dapat melihat langsung kegiatan para pekerja pabrik atau pelinting rokok yang terkenal dengan kecepatan tangannya. Dalam satu jam, satu orang pekerja bisa melinting 325 batang rokok lho.
Selain galeri dan pameran seni, area museum ini pun dilengkapi dengan cafe serta toko suvenir. Desain arsitektur gedungnya pun dibuat sangat indah sehingga siapa pun yang datang akan merasa betah.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (09.00 s.d. 22.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya
    Cara ke sini : Naik bus dari Terminal Purabaya menuju Jembatan Merah Plaza. Kalau sudah sampai sana, kamu bisa gunakan becak atau berjalan kaki menuju House of Sampoerna.

11. Monumen Kapal Selam

tempat wisata di surabaya
wikipedia
Monumen Kapal Selam atau lebih sering disebut Monkasel adalah salah satu bukti perjuangan pahlawan Indonesia saat melawan penjajah. Monumen ini merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang dulu digunakan untuk operasi Trikora.
Melihat isi dari kapal selam ini bisa membuka wawasanmu tentang dunia angkatan laut. Selain itu, kamu pun bisa menyaksikan tayangan film tentang peristiwa pertempuran di Lautan Aru. Jangan lupa untuk ber-selfie ria saat di sini. Sebab, Monkasel adalah satu dari sekian banyak spot foto di Surabaya yang seru yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (08.00 s.d. 22.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Rp 10.000
  • Alamat:
    Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
    Cara ke sini : Naik angkutan kota menuju Stasiun Gubeng, Delta Plaza, atau WTC. Dari sana kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai Monkasel.

12. Kampung Bulak Surabaya

tempat wisata di surabaya
flickr.com
Selain Malang, Kota Pahlawan pun punya Kampung Warna-Warni. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Kampung Bulak Surabaya. Rumah-rumah yang ada di pesisir pantai ini punya atap dan tembok yang berwarna-warni. Walau terhitung masih anyar, tempat ini sudah ramai dikunjungi traveler lho. Pasalnya, tempatnya memang instagenic banget sih! Kampung Bulak kini sedang dipersiapkan untuk menjadi ikon wisata baru Kota Surabaya.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (08.00 s.d. 22.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Rp 2.000
  • Alamat:
    Sebelah Utara Pantai Ria Kenjeran, Bulak, Surabaya.

13. Kebun Bibit Surabaya

tempat wisata di surabaya
wikimedia.org
Kebun Bibit Surabaya ini jadi salah satu pilihan wisata murah meriah di Kota Pahlawan. Di sini tersedia taman bermain anak, taman outbond, kebun jati, jogging track, danau buatan, tempat kuliner, dan masih banyak lagi. Disarankan untuk datang ke kawasan kebun ini pada waktu pagi atau sore hari. Sebab, sinar matahari tak begitu terik di waktu tersebut.
Selain untuk bersantai atau berolahraga, kebun ini ternyata sering dimanfaatkan sebagai lokasi pengenalan cinta lingkungan. Kunjungan dari sekolah sering sekali diadakan di sini. Anak-anak diajari bagaimana caranya berkebun dan mengolah limbah.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (08.00 s.d. 16.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jl. Raya Manyar No.80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya
    Cara ke sini : Naik angkutan umum menuju Perumahan Pondok Nirwana. Lokasinya berada di dekat gerbang masuk perumahan tersebut.

14. Masjid Al-Akbar

tempat wisata di surabaya
wikimedia.org
Tahukah kamu? Masjid Al-Akbar merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia. Masjid agung Kota Surabaya ini jadi destinasi utama para traveler yang ingin berwisata religi di Kota Pahlawan.
Masjid besar ini memiliki arsitektur megah yang bisa membuat kamu berdecak kagum. Tak hanya itu, berbagai fasilitas lengkap pun tersedia di sini seperti aula serbaguna dan perpustakaan. Kegiatan keagamaan seperti kajian dan pelatihan pun rutin dilakukan di masjid ini.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (24 jam)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Jambangan, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Dari Terminal Bungurasih kamu bisa menggunakan bus menuju Joyoboyo. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan angkutan kota menuju Menanggal.

15. Jalan Tunjungan

tempat wisata surabaya
wikimedia.org
Jejak sejarah sangat terasa di area Jalan Tunjungan ini. Tempat ini dikenal sebagai kawasan bisnis sejak masa penjajahan Belanda. Suasana Surabaya tempo dulu bisa kamu nikmati saat berjalan kaki di sekitar kawasan ini.
Salah satu bangunan tua yang masih bertahan dari dulu hingga sekarang adalah Gedung Siola yang kini menjadi Tunjungan Center. Kamu pun bisa mampir ke Hotel Majapahit yang jadi saksi pecahnya peristiwa 10 November 1945. Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa hunting foto dan kulineran di lokasi satu ini.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (24 jam)
    Khusus hari Minggu rutin diadakan Car Free Day sehingga kamu tak bisa membawa kendaraan saat ke sini
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jalan Tunjungan, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Gunakan bis kota jurusan Jembatan Merah atau Oso Wilangun yang melewati Jalan Darmo. Rute balik kedua bis kota ini akan melewati Jalan Tunjungan.

16. Monumen Bambu Runcing

tempat wisata di surabaya
hellosurabaya.com
Bambu runcing sudah dikenal sebagai senjata tradisional tentara Indonesia untuk melawan penjajah. Bahkan digunakan pula saat peristiwa 10 Maret 1945 di Surabaya. Inilah yang jadi alasan dibuatnya Monumen Bambu Runcing.
Saat melihat Monumen Bambu Runcing kamu pasti langsung teringat akan besarnya perjuangan pahlawan untuk merebut kemerdekaan kita. Di sekeliling monumen ini ada air mancur, kolam buatan, serta taman dengan berbagai tanaman hias. Kawasan tempat wisata ini biasanya digunakan oleh traveler dan warga setempat untuk bersantai dan ber-selfie ria.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (24 jam)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jl. Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
  • Cara ke sini:
    Gunakan bis kota jurusan Jembatan Merah. Saat melewati Jalan Panglima Sudirman kamu bisa berhenti di halte terdekat dan berjalan kaki menuju monumen ini.

17. Hutan Bambu

tempat wisata di surabaya
wikimedia.org
Tempat wisata satu ini jadi incaran para traveler pemburu selfie. Pasalnya, Hutan Bambu Surabaya ini memang punya spot cantik dengan latar belakang pohon bambu yang hijau dan rindang. Surabaya biasanya panas dan terik. Tapi, kalau di Hutan Bambu ini udaranya justru lebih sejuk.
Kalau datang ke sini, pastikan untuk tidak merokok, ya. Selain bisa merusak keindahan, puntung rokokmu mungkin saja jadi pemicu kebakaran. Pasalnya, jika datang di musim kemarau guguran daun bambu yang mengering akan mudah terbakar.
  • Jam operasional:
    Setiap hari (09.00 s.d. 17.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Alamat:
    Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

18. Taman Mangrove Wonorejo

tempat wisata di surabaya
Instagram : @prasetia.bhayu
Bagi kamu yang butuh tempat wisata instagrammable dengan pemandangan hijau bak belantara hutan Amazon, mungkin kamu bisa memilih wisata hutan Mangrove Wonorejo ini.
  • Alamat:
    Jalan Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60296
  • Cara ke sini:
    Jika kamu dari arah Suramadu, kamu bisa melewati Jalan Ir. H. Soekarno hingga melewati jembatan Merr. Setelah melewati jembatan Merr ada perempatan beloklah kiri. Lalu ikuti saja jalan tersebut hingga nantinya ada petunjuk arah menuju Ekowisata Mangrove Wonorejo.
  • Tiket masuk:
    Rp 2.000 saja.
    Sementara untuk mangrove boat trip: Rp 25.000 untuk orang dewasa, dan anak-anak hanya Rp 15.000 saja.

19. Jembatan Merah

tempat wisata surabaya
Instagram : @surabaya_bigcity
Jembatan merah jadi saksi bisu perjuangan para pahlawan melawan kolonialisme Belanda.   Jembatan yang penuh histori ini sering dijadikan tempat favorit foto pra wedding yang bertema vintage dengan latar belakang bangunan tua peninggalan Belanda.
Tak hanya sekedar berfoto, tapi berada di sini kamu juga bisa mencicipi jajalan kuliner khas Surabaya.
  • Alamat:
    Jalan Kembang Jepun No. 192, Nyamplungan, Pabean Cantian, Krembangan Selatan, Krembangan Sel, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur 60161
  • Cara ke sini:
    Jika kamu dari stasiun Semut, kamu bisa naik taksi atau becak dengan biaya sekitar Rp5.000 – Rp10.000, sedangkan jika kamu naik bis dari terminal Purabaya, kamu bis yang tujuan ke Jembatan Merah Plasa.

20. Surabaya North Quay

tempat wisata di surabaya
Instagram : @budi.bf
Saat kamu bosan ke tempat wisata yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa berkunjung ke Surabaya North Quay yang jadi tempat wisata baru di Surabaya ini.
Lokasinya yang bersandar di kapal mewah menjadikan tempat wisata di Surabaya ini tampak romantis dengan pemandangan laut Surabaya lengkap dengan bentangan jembatan Suramadu dari kejauhan.
Menyaksikan hiburan live music, atraksi seni, pameran produk komunitas lokal, dan pasar kuliner adalah hal istimewa yang ditawarkan di sini.
  • Jam operasional:
    Sabtu – Minggu (09.00 hingga 21.00 WIB)
  • Tiket masuk:
    Gratis
  • Lokasi:
    Surabaya North Quay berlokasi di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya di Jalan Tanjung Perak, Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur 60165
  • Cara ke sini:
    Dari jalan Perak Timur, kamu tinggal lurus saja menuju arah utara hingga masuk ke gerbang pelabuhan. Di gerbang pelabuhan kamu cukup membayar tiket presmi asuransi jiwa dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp7.500 untuk mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar